11 Oktober 2025

RPS Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

RPS Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar
Logo STAI RAYA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RADEN ABDULLAH YAQIN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

RPS Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

Informasi Mata Kuliah

Mata Kuliah

Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

Kode

PBA6891040

Rumpun MK

TARBIYAH

Bobot (sks)

2 SKS

Semester

2

Tanggal Penyusunan

20 September 2025

Otoritas

Dosen Pengembang RPS: Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd

Ka. Prodi: Muhammad Fahrur Roji, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah fundamental yang bertujuan membangun kompetensi komunikatif aktif dalam Bahasa Arab Standar Modern. Pembelajaran dirancang secara integratif, menggabungkan empat kemahiran berbahasa utama (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dalam unit-unit tematik yang relevan dengan konteks kehidupan mahasiswa di Indonesia, seperti perkenalan, keluarga, dan aktivitas sehari-hari. Pendekatan yang digunakan adalah komunikatif-interaktif dan kontekstual untuk menjembatani pengetahuan teoretis dengan kemampuan praktis berbahasa, serta mengatasi hambatan non-linguistik seperti rendahnya motivasi dan kecemasan berbicara.

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI

  • S 1: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri serta menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
  • P 1: Menguasai pengetahuan faktual tentang unsur-unsur kebahasaan Arab dan kemahiran berbahasa Arab pada tingkat dasar.
  • KU 1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan.
  • KK 1: Menguasai konsep teoretis dasar tentang fonologi, morfologi, dan sintaksis bahasa Arab.
  • KK 2: Mampu menggunakan bahasa Arab secara aktif dan produktif untuk tujuan komunikatif dalam berbagai konteks.

CP-MK

  • M1: Mampu menerapkan pengetahuan dasar fonetik, kosakata, dan struktur tata bahasa.
  • M2: Mampu berkomunikasi secara lisan dalam dialog pendek dan sederhana.
  • M3: Mampu memahami informasi rinci dari teks lisan (istimā’) dan tulisan (qirā’ah).
  • M4: Mampu menulis paragraf pendek yang koheren.
  • M5: Menunjukkan sikap positif dan rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Arab.

Detail Rencana Pembelajaran Interaktif

Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Muhammad Fahrur Roji, M.Pd

Dosen Pengampu MK

Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd

NIDN : 2126019301

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

Aplikasi Interaktif Bahasa Arab Dasar

Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

Dibuat oleh Ach. Nurfuad Al-Fajri - STAI Raden Abdullah Yaqin

RPS Tafsir Ayat Ekonomi

Visualisasi RPS: Tafsir Ayat Ekonomi

RPS: Tafsir Ayat Ekonomi

STAI Raden Abdullah Yaqin, Jember

Informasi Mata Kuliah

Rumpun MK: EKONOMI
Bobot (sks): 2 SKS
Semester: 3
Dosen Pengembang: Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd
Ka. Prodi: FAIZ FAIZUL HANNAN, M.E

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berfokus pada konsep-konsep dalam Al-Quran yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis, serta implementasinya. Aspek substantifnya adalah penggalian nilai-nilai filosofis, prinsip-prinsip etis (al-akhlâq al-karîmah), dan tujuan-tujuan luhur (maqashid asy-syari'ah). Pembahasan berkisar pada analisis interpretatif (tafsir) terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang membahas produksi, konsumsi, distribusi, perniagaan, kemitraan, larangan riba, hingga instrumen filantropi Islam dengan pendekatan interdisipliner.

Capaian Pembelajaran (CP)

  • M1:Mampu menganalisis fondasi filosofis dan etis ekonomi Islam berdasarkan tafsir ayat-ayat Al-Qur'an.
  • M2:Menguasai dan membedakan prinsip-prinsip inti aktivitas ekonomi (produksi, konsumsi, distribusi) dan mekanisme pasar menurut perspektif tafsir Al-Qur'an.
  • M3:Menganalisis secara kritis konsep larangan riba dan mengevaluasi implikasi destruktifnya dalam sistem keuangan modern.
  • M4:Mengevaluasi peran instrumen keuangan sosial Islam (ZISWAF) dan hukum waris sebagai mekanisme distribusi kekayaan.
  • M5:Mengaplikasikan pemahaman tafsir untuk menganalisis dan merumuskan solusi isu-isu ekonomi kontemporer di Indonesia.
Sikap (S): Bertakwa, menjunjung nilai kemanusiaan, dan menginternalisasi etika akademik profesionalisme Islam.
Pengetahuan (P): Menguasai konsep teoritis sumber primer ekonomi Islam (Al-Qur'an dan Hadis) dan memahami tafsir ayat-ayat ekonomi.
Keterampilan Umum (KU): Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif; serta menunjukkan kinerja mandiri dan terukur.
Keterampilan Khusus (KK): Terampil menerapkan metode penafsiran ayat ekonomi dan mampu mengambil keputusan tepat dalam penyelesaian masalah ekonomi Islam.

Rencana Pembelajaran Mingguan

Pustaka & Referensi

Pustaka Utama

  • Al-Qur'an dan Terjemahnya. Kementerian Agama RI.
  • Al-Faizin, A. W., & Akbar, N. (2018). Tafsir Ekonomi Kontemporer. Gema Insani.
  • Suma, M. A. (2022). Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir. Amzah.
  • Ash-Shabuni, M. A. Rawa'iu Al-Bayan Tafsiru Ayati Al-Ahkam min Al-Qur'an.
  • Al-Zuhaily, W. Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syari'ah.

Pustaka Pendukung

  • Kitab Tafsir Klasik: Tafsir al-Maraghi & Tafsir Ibnu Katsir.
  • Shihab, M. Q. (2001). Wawasan al-Quran. Mizan.
  • Chapra, M. U. The Future of Economics: An Islamic Perspective.
  • Jurnal Ilmiah Terakreditasi (Maro, IN ESTAMA, Eco-Iqtishodi).
  • Publikasi dari BI, OJK, BWI, BAZNAS.

© 2025 Visualisasi RPS STAI Raden Abdullah Yaqin. Dibuat berdasarkan RPS oleh Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd.

08 Oktober 2025

Analisis Komparatif Penelitian Transdisipliner (TD) & Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Perbandingan Penelitian Transdisipliner (TD) vs. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Analisis Komparatif Penelitian

Membedah Penelitian Transdisipliner (TD) & Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Perbandingan Berdampingan

Pilih aspek di bawah untuk melihat perbandingan detail antara kedua metode penelitian.

Penelitian Transdisipliner (TD)

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Dasbor Analisis Kebijakan Dunn

Dasbor Analisis Kebijakan Dunn ...