11 Oktober 2025

RPS Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

RPS Interaktif Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar
Logo STAI RAYA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RADEN ABDULLAH YAQIN

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

RPS Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

Informasi Mata Kuliah

Mata Kuliah

Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar

Kode

PBA6891040

Rumpun MK

TARBIYAH

Bobot (sks)

2 SKS

Semester

2

Tanggal Penyusunan

20 September 2025

Otoritas

Dosen Pengembang RPS: Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd

Ka. Prodi: Muhammad Fahrur Roji, M.Pd

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah fundamental yang bertujuan membangun kompetensi komunikatif aktif dalam Bahasa Arab Standar Modern. Pembelajaran dirancang secara integratif, menggabungkan empat kemahiran berbahasa utama (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dalam unit-unit tematik yang relevan dengan konteks kehidupan mahasiswa di Indonesia, seperti perkenalan, keluarga, dan aktivitas sehari-hari. Pendekatan yang digunakan adalah komunikatif-interaktif dan kontekstual untuk menjembatani pengetahuan teoretis dengan kemampuan praktis berbahasa, serta mengatasi hambatan non-linguistik seperti rendahnya motivasi dan kecemasan berbicara.

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI

  • S 1: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri serta menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
  • P 1: Menguasai pengetahuan faktual tentang unsur-unsur kebahasaan Arab dan kemahiran berbahasa Arab pada tingkat dasar.
  • KU 1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan.
  • KK 1: Menguasai konsep teoretis dasar tentang fonologi, morfologi, dan sintaksis bahasa Arab.
  • KK 2: Mampu menggunakan bahasa Arab secara aktif dan produktif untuk tujuan komunikatif dalam berbagai konteks.

CP-MK

  • M1: Mampu menerapkan pengetahuan dasar fonetik, kosakata, dan struktur tata bahasa.
  • M2: Mampu berkomunikasi secara lisan dalam dialog pendek dan sederhana.
  • M3: Mampu memahami informasi rinci dari teks lisan (istimā’) dan tulisan (qirā’ah).
  • M4: Mampu menulis paragraf pendek yang koheren.
  • M5: Menunjukkan sikap positif dan rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Arab.

Detail Rencana Pembelajaran Interaktif

Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Muhammad Fahrur Roji, M.Pd

Dosen Pengampu MK

Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd

NIDN : 2126019301

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dasbor Analisis Kebijakan Dunn

Dasbor Analisis Kebijakan Dunn ...