12 Oktober 2025

RPS Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran SD/MI

RPS Interaktif - Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran SD/MI

RPS Interaktif

Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran SD/MI

STAI Raden Abdullah Yaqin Mlokorejo Jember - Prodi PGMI

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi sumber dan media pembelajaran yang efektif, inovatif, dan relevan untuk siswa tingkat SD/MI. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar, analisis kebutuhan, prinsip desain, teknik produksi menggunakan teknologi terkini, serta metode evaluasi media pembelajaran melalui pendekatan berbasis proyek.

Detail

  • Kode MK: PGMI6892051
  • Bobot SKS: 2 SKS
  • Semester: 2
  • Dosen Pengampu: Ach. Nurfuad Al-Fajri, M.Pd
  • Kepala Prodi: Siti Asiyah, M.Pd

Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan

  • Konsep Dasar Sumber & Media
  • Jenis-jenis Sumber Pembelajaran
  • Sumber Pembelajaran Digital
  • Sumber Pembelajaran Lingkungan
  • Sumber Pembelajaran Manusia
  • Media Pembelajaran Cetak
  • Media Pembelajaran Audio
  • Media Pembelajaran Visual
  • Media Pembelajaran Audiovisual
  • Media Pembelajaran Berbasis TIK
  • Model Pengembangan Media
  • Langkah-langkah Pengembangan
  • Praktikum Pengembangan
  • Evaluasi Sumber & Media

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK)

  • Mampu menjelaskan konsep dasar, fungsi, dan prinsip sumber dan media pembelajaran.
  • Mampu menganalisis kebutuhan belajar dan karakteristik siswa SD/MI.
  • Mampu mengklasifikasikan beragam jenis sumber dan media pembelajaran.
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip desain visual dalam perancangan media.
  • Mampu merancang storyboard untuk media pembelajaran berbasis video atau animasi.
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran visual statis (infografis, poster).
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran audio (podcast, cerita audio).
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran audiovisual (video pembelajaran).
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran interaktif (kuis, e-module).
  • Mampu menerapkan model pengembangan instruksional (ADDIE).
  • Mampu melakukan uji coba terbatas (implementasi) terhadap media.
  • Mampu menyusun instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas media.
  • Mampu mempresentasikan hasil proyek pengembangan media pembelajaran.

Komponen & Bobot Penilaian Akhir

Nilai akhir mata kuliah merupakan akumulasi dari empat komponen utama berikut. Penilaian mingguan akan berkontribusi pada komponen Partisipasi dan Tugas.

15%

Partisipasi & Keaktifan

25%

Tugas & Proyek

25%

Ujian Tengah Semester

35%

Ujian Akhir Semester

© 2025 STAI Raden Abdullah Yaqin. All rights reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dasbor Analisis Kebijakan Dunn

Dasbor Analisis Kebijakan Dunn ...